Siswa SMAN 1 Jatinom Belajar Kewirausahaan Pembuatan Sabun Sekaligus Pemasaran di E-commerce

Selasa, 13 Juni 2023 14:44 WIB

TRIBUNJOGJA.COM – Program Kurikulum Merdeka di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia saat ini sedang dioptimalkan.

Salah satu penerapan kurikulum merdeka adalah program P5 yaitu Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila.

Kurikulum P5 ini merupakan kegiatan berbasis proyek yang dirancang untuk meningkatkan upaya peningkatan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan atau profil lulusan dari satuan pendidikan.

Tema kurikulum merdeka yang diterapkan di SMAN 1 Jatinom, Klaten saat ini adalah kewirausahaan.

Sekolah SMAN 1 Jatinom memiliki visi misi yang sangat mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka, antara lain adalah terwujudnya siswa yang mandiri, kreatif, berdaya saing, berkarakter dan pengimplementasian penggunaan teknologi informasi sebagai media pendukung kegiatan pembelajaran.

Serangkaian kegiatan ini telah dilaksanakan sebelum pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester genap yaitu pada tanggal 22-25 Mei 2023.

Kegiatannya meliputi pelatihan kepada siswa kelas X dan XII tentang pembuatan sabun susu dan sabun cair cuci piring, edukasi desain dan pengemasan produk, edukasi teknik pemasaran dengan menggunakan teknologi informasi e-commerce, dan edukasi pengakuan Hak Cipta produk.

Ketua pelaksana dari kegiatan ini adalah Dr. Wiharto, S.T., M.Kom dari Fakultas Informatika dan Sains Data (FATISDA) UNS yang dibantu oleh Siti Fatimah, S.Si., M.Sc dari Program Studi Teknik Kimia UMS. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Siswa SMAN 1 Jatinom Belajar Kewirausahaan Pembuatan Sabun Sekaligus Pemasaran di E-commerce, https://jogja.tribunnews.com/2023/06/13/siswa-sman-1-jatinom-belajar-kewirausahaan-pembuatan-sabun-sekaligus-pemasaran-di-e-commerce.
Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *